Minggu, 09 Maret 2014

Dorama Jadul : News No Onna ( Anchor woman )

Hideaki takizawa, Honami Suzuki dan Nagatsuka Kyozo (1998)
  • Title: ニュースの女
  • Title (romaji): News no Onna
  • Also known as: Newswoman / Channel 2
  • Genre: Human drama
  • Episodes: 11
  • Broadcast network: Fuji TV
  • Broadcast period: 1998-Jan-07 to 1998-Mar-18
  • Theme song: Sanpomichi by Judy and Mary

Soundtrack nya kece bener dari Judy and Mary!

Satu lagi dorama yang menarik perhatian saya, Anchor woman atau lebih dikenal dengan News no Onna. Menurut saya ini salah satu drama jadul yang recommanded banget buat ditonton bareng keluarga. Saya selalu ingat dengan dorama ini, waktu itu saya sering nonton di Channel TV Indosiar tahun 2000-an (masih SD), jatuh bangun menjadi seorang news anchor bikin yang nonton geregetan. Belum lagi Tamaki Aso (Honami Suzuki) punya anak super kece namanya Ryu ( Hideaki Takizawa). 
beberapa scene dorama
Honami Suzuki as Aso
Dorama Jepang sering kali mengangkat tema profesi sebagai tema utamanya, salah satu contohnya adalah dorama ini. Dorama ini mengangkat profesi News Anchor sebagai tema utamanya. Namun, dorama ini tidak hanya bercerita tentang profesi saja. Drama keluarga juga bisa kita temukan di sini, meskipun keluarga di sini bukanlah keluarga yang benar-benar keluarga (dalam artian tidak ada hubungan darah).
hideaki takizawa as Ryu (gue pastikan dia no oplas)
Hidup Tamaki Aso (Honami Suzuki) bisa dibilang sangat sempurna dan bisa membuat iri siapa pun. Ia baru saja terpilih sebagai news anchor utama sebuah stasiun tv terkenal Channel 2. Tidak hanya itu, ia juga baru saja menikah dengan laki-laki yang dicintainya, yang merupakan seorang professor. Tapi, kesempurnaan dan kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. Di hari pertamanya sebagai news anchor, ia harus menerima kenyataan bahwa suami yang baru dinikahinya selama satu hari, meninggal akibat kecelakaan mobil. Lebih parah lagi, hal itu pertama diketahuinya ketika ia sedang membacakan berita, dan salah satu berita yang dibacakannya adalah peristiwa yang menimpa suaminya tersebut. Tidak lama setelah kejadian itu, Tamaki tiba-tiba kedapatan ‘bencana’ berupa anak laki-laki dari almarhum suaminya. Jadi ceritanya Kudo almarhum suaminya ini adalah seorang duda beranak satu. Ryu (Hideaki Takizawa), putranya yang masih berusia 15 tahun diasuh oleh mantan istrinya. Tapi mantan istrinya tersebut kemudian meninggal dalam kecelakaan yang sama dengan Kudo (ceritanya mereka baru habis dari reuni sma). Hal tersebut menyebabkan Ryu jadi sebatang kara, dan ia tidak memiliki saudara yang lain kecuali tantenya yang sedang berada di luar negeri. Kubota (Nagatsuka Kyozo), sahabat dari Kudo yang merupakan seorang pengacara, meminta Tamaki yang merupakan satu-satunya orang yang memiliki ikatan keluarga dengan Ryu untuk menampungnya untuk sementara waktu sampai tante Ryu pulang ke Jepang. Tamaki menolak permintaan itu habis-habisan, karena ia tidak menyukai Ryu sejak pertama kali bertemu dengannya di pesta pernikahan. Tapi setelah melalui beberapa hal, akhirnya ia mau menampung Ryu di rumahnya. Namun, perbedaan sifat antara mereka berdua membuat hubungan antara ibu dan anak tiri ini tidak berjalan dengan baik. Tapi seiring berjalannya waktu dan karena beberapa kejadian, hubungan antara mereka mulai membaik dan meski tanpa diungkapkan, mereka akhirnya sadar kalau mereka sama-sama saling membutuhkan. Di luar itu, dalam hal pekerjaan, Tamaki menemui berbagai macam masalah dalam pekerjaannya sebagai news anchor. Mulai dari kesulitan menaikkan rating acara, ‘skandal’nya dengan Ryu, dan beberapa hal lainnya. Puncaknya adalah ketika ia menyelidiki sebuah kasus yang mengancam posisinya sebagai news anchor di channel 2. Lalu, apa yang terjadi pada Tamaki selanjutnya? Apakah ia akan tetap bertahan sebagai news anchor?
Saya cinta banget sama dorama ini.Saya inget kalo dulu saya sering niru-niruin gaya Tamaki Aso dalam membawakan berita (“selamat malam, saya Tamaki Aso” *atau bahasa jepangnya “Konbanwa, Aso Tamaki desu”*). Menurut saya yang membuat dorama ini bagus dan berkesan, selain jalan ceritanya yang menarik serta unsur komedi yang gak bikin bosen, adalah karakternya yang kuat. Kudos for Honami Suzuki karena dia berhasil banget meranin karakter Tamaki Aso, seorang wanita independen yang perfeksionis dan disegani oleh banyak orang, tapi memiliki sifat ceroboh dan memiliki keegoisan tinggi. Btw Honami Suzuki ini adalah aktris yang juga berperan sebagai Rika Akana dalam dorama Tokyo Love Story, dan aktingnya di situ pun sangat saya suka. Meskipun sama-sama berperan sebagai karakter perempuan independen, karakter Tamaki Aso ini jauuuh berbeda dengan Rika Akana. Tapi akting Honami Suzuki yang bagus berhasil bikin dua karakter ini sangat memorable dan sama-sama tidak mudah dilupakan. Selain Honami Suzuki, jangan dilupakan Hideaki Takizawa yang berperan sebagai Ryu, anak tiri dari Tamaki. Meskipun karakternya ini gak terlalu banyak bicara, tapi tetep aja wajah manisnya bener-bener mempesona dan bikin saya betah banget nonton dorama ini *hehe*. Oh ya dorama ini juga lah yang mengangkat nama Hideaki Takizawa sehingga ia menjadi salah satu aktor terpopuler di Jepang (dan ngomong-ngomong dia ini orang Jepang pertama yang bikin saya jatuh cinta XD). Hubungan antara Tamaki dan Ryu digambarkan kocak sekali, dan saya suka banget tiap liat mereka berinteraksi. Tapi, buat kamu yang berharap akan ada sentuhan ‘cinta terlarang’ di antara mereka berdua, siap-siap kecewa deh. Oh ya, satu lagi pemain yang berakting gemilang di sini adalah Nagatsuka Kyozo yang berperan sebagai Kubota, sahabat Kudo yang merupakan seorang pengacara dan sering sekali mampir ke rumah Tamaki hanya untuk memasakan makanan untuk Tamaki dan Ryu. Karakter ini merupakan salah satu faktor yang mengundang tawa dalam dorama ini. Plus dia juga lah yang selalu berusaha mendekatkan Tamaki dengan Ryu, sehingga mereka bertiga kemudian menjadi dekat dan terlihat seperti keluarga *meskipun Tamaki sering galak pada Kubota*.
Melalui dorama ini juga kita akan mendapat pengetahuan mengenai pekerjaan news anchor serta bagaimana seluk beluk acara berita di televisi. Btw, kayaknya di stasiun tv di negara mana pun, semua sama aja ya, menganggap RATING itu sebagai dewa. Di sini rating sangat berpengaruh dan bisa saja mengancam posisi Tamaki sebagai news anchor, sehingga ada-ada saja hal yang dilakukan pihak televisi untuk menaikan rating acara, salah satunya membuat skandal bohongan tentang Tamaki dan Ryu. Para pemain yang berperan sebagai kru channel 2 pun semua berperan dengan baik. Salah satu yang menonjol adalah artis terkenal Norika Fujiwara, yang di sini berperan sebagai news anchor yang selalu iri pada Tamaki. Oh ya, Abe Hiroshi yang merupakan salah satu aktor berbakat di Jepang juga turut bermain dalam salah satu episode dorama ini. Dan terakhir jangan dilupakan kehadiran  aktris cantikKyoko Fukada yang berperan sebagai teman sekelas Ryu. Di sini dia belum terkenal dan tampilnya pun hanya sedikit -sedikit
     Habis nonton ini InsyaAllah kena racun dah, tiba-tiba pengen jadi News Anchor! hahahaha..sekian, thanks sudah mampir ke blog saya ^_____^ merci 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar